Saturday, February 9, 2019

Jenis, Fungsi dan Manfaat VLAN

VLAN


PENGERTIAN

VLAN merupakan kependekan dari Virtual Local Area Network, adalah sebuah model jaringan yang membagi beberapa jaringan secara logikal kedalam beberapa jalur yang berbeda tapi tetap lewat perangkat penghubung yang sama.

LATAR BELAKANG

Dengan menggunakan VLAN kita bisa menghemat penggunaan perangkat serta kabel dalam jaringan

MAKSUD DAN TUJUAN

Supaya lebih paham dan mengerti tentang VLAN, serta dapat menerapkannya pada jaringan yang akan dibangun.

HASIL YANG DI HARAPKAN

Dapat mengetahui pengetian, fungsi dan jenis-jenis VLAN

ALAT DAN BAHAN

- Laptop
- Modul
- Internet

WAKTU

2 jam

PEMBAHASAN

Virtual LAN atau disingkat VLAN merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan (menggunakan perangkat lunak pengelolaan) sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, padahal sebenarnya perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda.(Wikipedia.org)

Untuk contohnya di dunia nyata seperti kita mempunyai sebuah Pipa berukuran besar kita jalan kedua tetapi kita masih menggunakan pipa pertama berukuran besar sebagai jalanya, kita bisa memasukan pipa berukuran kecil di dalam pipa berukuran besar maka kita mempunyai 2 jalur di sebuah jalan utama. itu merupakan pengandaian dari sebuah VLAN

Fungsi VLAN

Dikutip dari www.comtelindo.com
VLAN memberikan sebuah metode untuk membagi satu fisik network ke banyak broadcast domain. Broadcast domain ini biasanya sama dengan batas IP subnet, tiap subnet mempunyai satu VLAN. VLAN membolehkan banyak virtual LAN berdampingan dalam sebuah fisik LAN ( switch ). Jadi, semisal ada dua mesin yang terhubung dalam sebuah switch, keduanya tidak dapat mengirim ethernet frame ke mesin lain meski dalam satu kabel yang sama.

Jenis-Jenis VLAN

Dikutip dari www.comtelindo.com
-Default VLAN, adalah VLAN yang sudah ada sejak pertama kali switch dihidupkan. sebelum dikonfigurasi, semua port yang ada pada switch akan
 tergabung ke dalam default VLAN dan dapat tergabung pada masing-masing VLAN. Pada Cisco, default VLAN adalah VLAN 1.

-Data VLAN, adalah VLAN yang hanya mengatur trafik data pada VLAN.

-Native VLAN, adalah VLAN yang dikembalikan ke suatu port apabila tidak dalam bentuk trunking dan untagged.

-Voice VLAN, adalah VLAN yang mendukung VoIP dan dikhususkan untuk komunikasi data suara pada VLAN.

-Management VLAN, adalah VLAN yang di konfigurasi untuk management switch.

Keuntungan menggunakan VLAN
DIKUTIP DARI wikipedia.org
•Security– Departemen yang memiliki data sensitive terpisah dari jaringan yang ada, akan mengurangi peluang pelanggaran akses ke informasi rahasia dan penting.

• Cost reduction – Penghematan biaya dihasilkan dari tidak diperlukannya biaya yang mahal untuk upgrades jaringan dan efisiensi penggunaan bandwidth dan uplink yang tersedia.

• Higher performance – Dengan membagi jaringan layer 2 menjadi beberapa worksgroup secara logik (broadcast domain) mengurangi trafik yang tidak diperlukan pada jaringan dan meningkatkan performa.kjk

• Broadcast storm mitigation – Dengan membagi sebuah jaringan menjadi VLAN mengurangi jumlah peralatan yang berpartisipasi dalam broadcast storm.

• Improved IT staff efficiency – Dengan VLAN pengelolaan jaringan lebih mudah, karena user-user dengan kebutuhan jaringan yang sama berbagi VLAN yang sama.

• Simpler project or application management – Memiliki fungsi-fungsi terpisah mempermudah pengelolaan sebuah project atau bekerja dengan aplikasi khusus.

HASIL YANG DIDAPATKAN
Dapat mengetahui tentang VLAN, Jenis VLAN, dan keuntungan menggunakan VLAN


TEMUAN MASALAH

-

KESIMPULAN

VLAN merupakan sebuah interface logikal yang mempunyai jenis dan fungsinya masing masing.
Comments


EmoticonEmoticon